Langsung ke konten utama

Stroke Up

Hai sobat pecinta mesin disini saya akan menjelaskan pengertian stroke Up dan apa bedanya dengan Stroke Down? Nantikan pengertian stroke down setelah Artikel ini selesai ya 
Selain melakukan bore up untuk menaikkan CC mekanik biasanya melakukan Stroke up untuk menaikkan langkah piston setinggi tingginya apalagi penggila 201 & 500m. Nah sekarang apa sih Stroke up itu?
•Stroke Up
Stroke Up adalah menaikkan langkah piston Atau mengubah posisi poros (Big End) di kruk as agar jarak naik turun piston (TMA dan TMB) semakin jauh.
Semakin tinggi langkah piston torsi motor akan semakin besar. Lalu kalau stroke down gimana? Apakah torsi nya besar? Dan apa bedanya? Hehehe sabar ya pasti penasaran kan hehehe
Nah, saat sobat ingin melakukan stroke up sobat harus mengganti stang piston yg lebih panjang atau menggunakan yg after market agar bisa tetap menggunakan paking selembar atau paking standar pabrik.
•Apa saja sih yang di perhatikan saat stroke up?
Yang harus diperhatikan saat stroke up adalah langkah piston jangan terlalu tinggi apabila ingin dibuat harian. Kedua, penggunaan stang piston yang bagus agar tenaga maksimal dan usia lebih panjang jangan mentang-mentang dana cekak jadi pakai yg murah hhehehe  inget loh ini buat motor kesayangan agan sendiri
•Stroke up kan rawan kruk as melintir gan apa aman dibuat harian? Bagaimana cara mengatasi nya gan?
Nah pada bagian ini Kita harus serius ya gan ga boleh berjanda eh maksudnya bercanda hehe 
Nah jadi pilihlah Pen stroke yang ada lubang olinya menuju bearing bambu.
Lubang oli ini sangat berfungsi untuk memaksimalkan melumasi komponen tersebut untuk menghindari kruk as melintir.
Setelah memasang Pen stroke lakukan kalibrasi agar tetap center. Setelah itu lakukan pengelasan pada Big End agar semakin kuat dan lakukan kalibrasi lagi agar tetap center.
pen kruk as yang dilas pastinya akan lebih tahan dan potensi kruk as melintir lebih kecil.
Nah gimana sobat udh ngerti belum?
Untuk biaya nya berapa gan?
Untuk biaya stroke up ini lumayan mahal gan kisaran Rp 700.000 - 1.000.000
Tapi kalau hanya buat Harian sobat tidak perlu sampai melakukan stroke up lebih baik uangnya digunakan untuk Meningkatkan bagian pengapian  gimana? penasaran cara meningkatkan tenaga motor dengan mengganti bagian pengapian dan apa saja yg diganti dan biayanya berapa? Penasaran kan hehehe tunggu ya di artikel selanjutnya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stroke Down

Hai sobat setelah kemarin dengan penjelasan Stroke Up dan Bore Up  sekarang saya akan menjelaskan apasih Stroke Down itu? sebelumnya saya minta maaf karena lama tidak update hehe,yuk langsung saja kepenjelasannya :D ⟼   Apasih Stroke Down  itu? Stroke Down adalah dimana kita melakukan penggeseran big end menjadi lebih rendah. misal stroke Suzuki GSX-R 150 dengan spek 62,0 x 48,8mm  btw motor ini termasuk motor overbore ya yang pastinya motor incerannya speed lovers nih hehehe karena motor yang langkahnya pendek itu akan mudah mencapai top speed dan kalau sudah di puteran atas itu serasa Rpm ga ada abisnya deh hehe, ya cuman kalian harus iklash di salip ketika di tanjakan hehehe. nah contoh kedua adalah Kawasaki Ninja 250 dengan spek 62.0 x 41.2mm, ini bener bener Over bore sih kalau menurut saya biasanya nih motor Over bore itu Rpm nya tinggi misal ninja 250 ini bisa mencapai Rpm 14.000 loh,hebat bukan sebuah bisa mencapai Rpm 14.000 tanpa mele...

Bore Up Mesin Motor

Hai sobat pecinta dunia mesin disini saya akan menjelaskan pengertian dan tata cara bore up mesin agar tidak Salah kaprah 😁. 1. Pengertian Bore Up Bore up adalah peningkatan ukuran piston dan memperbesar blok seher ke ukuran yang lebih besar atau sesuai keinginan. Dampak nyata dari bore up adalah peningkatan CC tenaga & Torsi motor meningkat. 2. Yang harus diperhatikan saat bore up Yang harus diperhatikan saat bore up mesin adalah Ukuran seher dan Boring pada blok seher semakin tipis boring usia blok & seher akan cepat rusak atau baret. Bagaimana cara mengatasi nya? Dengan melakukan over boring pada blok seher motor anda misal anda ingin menggunakan seher 58mm anda harus menyisakan 2 atau 3mm untuk mencapai batas aman Penggunaan harian / Touring 3. Apakah bore up membuat konsumsi bahan bakar boros? Kalau menurut saya pribadi bore up itu tidak boros namun banyak yang salah kaprah karena sangking enaknya motor jadinya dia bejek gas terus ya gimana ga boros kan ...