Langsung ke konten utama

Stroke Down



Hai sobat setelah kemarin dengan penjelasan Stroke Up dan Bore Up sekarang saya akan menjelaskan apasih Stroke Down itu? sebelumnya saya minta maaf karena lama tidak update hehe,yuk langsung saja kepenjelasannya :D

 Apasih Stroke Down itu?
Stroke Down adalah dimana kita melakukan penggeseran big end menjadi lebih rendah.
misal stroke Suzuki GSX-R 150 dengan spek 62,0 x 48,8mm btw motor ini termasuk motor overbore ya yang pastinya motor incerannya speed lovers nih hehehe karena motor yang langkahnya pendek itu akan mudah mencapai top speed dan kalau sudah di puteran atas itu serasa Rpm ga ada abisnya deh hehe, ya cuman kalian harus iklash di salip ketika di tanjakan hehehe. nah contoh kedua adalah Kawasaki Ninja 250 dengan spek 62.0 x 41.2mm, ini bener bener Over bore sih kalau menurut saya biasanya nih motor Over bore itu Rpm nya tinggi misal ninja 250 ini bisa mencapai Rpm 14.000 loh,hebat bukan sebuah bisa mencapai Rpm 14.000 tanpa melewati Batas PS ( Piston Speed ). 

Hasil gambar untuk kruk as stroke down
⟼ Kelemahan Stroke Down 
Nah setelah membahas kelebihannya sekarang harus membahas kelemahannya supaya adil hehe. 
Kelemahan pertama,karena motor tersebut Over Bore otomatis ukuran Klep pasti besar,sebenernya bagus sih tapiii bahan bakar bakalan ngocor teruus alias boroos hehehe tapi tergantung kepemilik juga kalau kuat bensinnya ya monggo
Kelemahan kedua,tenaga diputaran bawahnya LoYo kok loyo mas? iya lah karena motor Over bore ini tenaga di Rpm atasnya nusuuk bangeet hehehe. Cara biar ga loyo di puteran bawahnya gimana mas? ohh mudah saja mas,sampeyan tinggal setting gear depan dan gear belakang saja bisa menggunakan gear ukuran 42 atau 44 ya sekarepmu lah itu karena itu rahasia.

Nah mungkin segitu dulu saja ya mas broow untuk informasinya apabila ada yang salah mohon dibetulkan di kolom komentar karena saya juga masih belajar jadi kita sama sama belajar aja ya :D 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stroke Up

Hai sobat pecinta mesin disini saya akan menjelaskan pengertian stroke Up dan apa bedanya dengan Stroke Down? Nantikan pengertian stroke down setelah Artikel ini selesai ya  Selain melakukan bore up untuk menaikkan CC mekanik biasanya melakukan Stroke up untuk menaikkan langkah piston setinggi tingginya apalagi penggila 201 & 500m. Nah sekarang apa sih Stroke up itu? •Stroke Up Stroke Up adalah menaikkan langkah piston Atau mengubah posisi poros (Big End) di kruk as agar jarak naik turun piston (TMA dan TMB) semakin jauh. Semakin tinggi langkah piston torsi motor akan semakin besar. Lalu kalau stroke down gimana? Apakah torsi nya besar? Dan apa bedanya? Hehehe sabar ya pasti penasaran kan hehehe Nah, saat sobat ingin melakukan stroke up sobat harus mengganti stang piston yg lebih panjang atau menggunakan yg after market agar bisa tetap menggunakan paking selembar atau paking standar pabrik. •Apa saja sih yang di perhatikan saat stroke up? Yang harus diperhatikan saat stro...

Bore Up Mesin Motor

Hai sobat pecinta dunia mesin disini saya akan menjelaskan pengertian dan tata cara bore up mesin agar tidak Salah kaprah 😁. 1. Pengertian Bore Up Bore up adalah peningkatan ukuran piston dan memperbesar blok seher ke ukuran yang lebih besar atau sesuai keinginan. Dampak nyata dari bore up adalah peningkatan CC tenaga & Torsi motor meningkat. 2. Yang harus diperhatikan saat bore up Yang harus diperhatikan saat bore up mesin adalah Ukuran seher dan Boring pada blok seher semakin tipis boring usia blok & seher akan cepat rusak atau baret. Bagaimana cara mengatasi nya? Dengan melakukan over boring pada blok seher motor anda misal anda ingin menggunakan seher 58mm anda harus menyisakan 2 atau 3mm untuk mencapai batas aman Penggunaan harian / Touring 3. Apakah bore up membuat konsumsi bahan bakar boros? Kalau menurut saya pribadi bore up itu tidak boros namun banyak yang salah kaprah karena sangking enaknya motor jadinya dia bejek gas terus ya gimana ga boros kan ...